Sebaik-baik Manusia Adalah yang Paling Bermanfaat Bagi Sesama Manusia

 


Di dalam hidup ini, kita tak perlu berupaya untuk menjadi seseorang yang disegani, apalagi ditakuti. Tetapi jadilah seseorang yang bermanfaat bagi siapa pun di sekeliling diri kita.

Seorang Muslim lebih diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain, bukan hanya mencari manfaat dari orang atau memanfaatkan orang lain.

Banyak cara untuk menjadi sesorang yang bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya yaitu dengan menolong sesama manusia ketika seseorang tersebut butuh bantuan.

Tolong menolong adalah perbuatan yang baik dan terpuji. Tidak semua orang mau berbagi manfaat dengan orang lain.

Siapapun kita, apapun pendidikan kita, berapapun rezeki yang kita punya, kita harus selalu berusaha bisa bermanfaat bagi siapapapun.

"Jangan segan berbagi manfaat sekecil apapun," 

Maka jadilah manusia yang bermanfaat maka Allah akan menyukai perbuatan itu.

Rasulullah shallahllahu 'alaihi wasallam bersabda :

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama manusia" (Hadits Riwayat ath-Thabrani, Al-Mu’jam al-Ausath, juz VII, hal. 58, dari Jabir bin Abdullah r.a.. Dishahihkan Muhammad Nashiruddin al-Albani dalam kitab: As-Silsilah Ash-Shahîhah).

Dan jangan sampai kita pelit ilmu terhadap sesama manusia, karena berbagi ilmu yang baik adalah salah satu perbuatan yang Allah sukai.***



Belum ada Komentar untuk "Sebaik-baik Manusia Adalah yang Paling Bermanfaat Bagi Sesama Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel